Rabu, 03 Oktober 2012

Pengertian Etika



Dalam kehidupan masyarakat yang terdiri dari berbagai macam perbedaan seperti agama, ras, suku dan bangsa diperlukan suatu system yang dapat mengatur atau membatasi tingkah laku manusia agar dapat menjaga hubungan yang baik satu sama lain. Salah satunya adalah dengan adanya etika yang dapat membatasi manusia untuk bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu "ethos" yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah danukuran-ukuran. Menurut buku besar bahasa Indonesia etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan pelbagai ajaran moral. Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa seorang individu yang memiliki etika maka orang tersebut mampu mengambil sikap yang segala sesuatunya dilandaskan atas dasar tanggung jawabnya sebagai makhluk sosial yang harus menghargai orang lain.
Etika memiliki banyak makna antara lain :
1. Semangat khas kelompok tertentu, misalnya ethos kerja, kode etik kelompok profesi.
2. Norma-norma yang dianut oleh kelompok, golongan masyarakat tertentu mengenai perbuatan yang baik dan benar.
3. Studi tentang prinsip-prinsip perilaku yang baik dan benar sebagai falsafat moral. Etika sebagai refleksi kritis dan rasional tentang norma-norma yang terwujud dalam perilaku hidup manusia.

Etika juga memiliki pengertian arti yang berbeda-beda jika dilihat dari sudut pandang pengguna yang berbeda dari istilah itu.
Berikut ini adalah beberapa pengertian etika menurut penapat para ahli yaitu : 
1.      Rosita noer
Etika adalah ajaran (normatif) dan pengetahuan (positif) tentang yang baik dan yang buruk, menjadi tuntutan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
2.       Drs. O.P. Simorangkir
Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
3.      Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat
Etika adalah teori tentangtingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yangdapat ditentukan oleh akal.
4.      Drs. H. Burhanudin Salam
Etika adalah cabang filsafat yang berbicaramengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.

Dari berbagai pendapat yang dikemukakan diatas saya menyimpulkan bahwa etika merupakan suatu batasan yang timbul dari dalam diri manusia sebagai alat untuk mengotrol tingkah laku atau perbuatan manusia agar satiap apa yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar