Minggu, 07 Oktober 2012

Etika dalam bisnis

Contoh etika dalam bisnis

Etika sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat untuk berinteraksi satu sama lain. Selain selain untuk menjaga atau mengontrol sikap suatu individu etika juga diperlukan dalam dunia bisnis. Apalagi sekarang ini dimana para pelaku bisnis bersaing untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya dengan menggunakan cara yang tidak beretika sehingga sangat merugikan konsumennya demi tujuan kelompok bisnis tertentu. Salah satu etika dalam bisnis adalah :
1.       Tidak melakukan suatu bisnis dengan cara yang kotor/ tidak baik.
            Contoh dalam kehidupan sehari  - hari adalah menggunakan boraks dan formalin untuk pengawet makanan seperti mie dan bakso. Perbuatan ini sangat menlanggar etika bahkan melanggar hukum. Dimana makanan yang mengandung boraks dan formalin sangat membahayakan kesehatan manusia. Kandungan boraks dan formalin jika dikonsumsi secara terus menerus dengan dosis yang melebihi kewajaran dapat membahayakan jiwa seseorang.
2.       Tidak melakukan tindakan penipuan dalam berbisnis.
Contohnya adalah penipuan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang melakukan kecurangan atau penipuan dalam berbisnis seperti pada kasus online shop yang menipu reselernya dengan cara tidak mengirimkan barang yang dipesannya padahal uang sudah ditransfer untuk melunasi barang tersebut.
3.       Sesuatu yang di bisniskan harus merupakan suatu bisnis yang legal (tidak berbisnis hal negatif).
 Contohnya adalah mereka yang berbisnis obat – obatan terlarang seperti narkoba dan ganja, dan perdangan organ manusia yang sangat tidak bermoral. Perdangan obat – obatan terlarang sangat merugikan baik sipemakai itu sendiri maupun orang disekelilingnya seperti keluarga dan kerabat dekat.
4.       Bersaing yang sehat dalam berbisnis.
           Contohnya dari persaingan yang tidak sehat adalah pelaku bisnis saling menjatuhkan dengan isu – isu tertentu seperti produk A mengandung babi yang sebenarnya produk tersebut sama sekali tidak mengandung babi . Hal ini sangat merugikan dan dapat merugikan perusahaan yang mendapatkan isu tersebut.
5.       Tidak melakukan tindakan pemaksaan dalam berbisnis.
Didalam bisnis sangat tidak dianjurkan pemaksaan untuk membeli suatu produk. Ada beberapa oknum bisnis tertentu yang melakukan pemaksaan agar masyarakat membeli barang dagangannya. Seperti yang biasanya terjadi di Stasiun dimana seorang pedagang majalah memaksa penumpang untuk membeli majalahnya dengan menodongkan pisaunya dan berkata kasar.



1 komentar: