Selasa, 03 April 2012

Sejarah Blackberry

RIM dan BlackBerry-nya memiliki sejarah panjang hingga bisa sukses seperti sekarang. Nah, mari kita runut ke belakang mulai dari awal.

Periode 1991-2000

Pada tahun 1991 RIM mengembangkan software untuk mendukung sistem e-mail nirkabel. Dalam mengembangkannya ini, RIM bekerja sama dengan dua perusahaan besar yaitu Ericsson dan Anterior Technology. Ericsson berhasil mengenalkan modem radio portabel tahun 1992, Anterior bertugas menyediakan gateway untuk sistem e-mail, sementara RIM menyediakan aplikasi pemograman. Ketiga pihak ini berhasil menyediakan sistem e-mail nirkabel dengan konektivitas tak terputus.

Karena sangat mahir mengurusi riset teknologi daripada keuangan maka Mike Lazaridis mempekerjakan James (Jim) Balsillie pada tahun 1992 untuk mengurus keuangan perusahaan dan pengembangan bisnis. Mereka membuat pembagian tugas yang berbeda, Lazaridis fokus pada sisi kreatif yaitu penelitian, pengembangan dan strategi produk, sedangkan Balsillie fokus pada keuangan, pengembangan bisnis, dan strategi perusahaan. Balsillie akhirnya menjadi salah satu direktur RIM, setara dengan Lazaridis. karena kemampuan dan kredibilitasnya, RIM dipercaya untuk bekerja sama dengan banyak perusahaan besar seperti Microsoft, IBM, Bell South Wireless Data, dan masih banyak lagi.

Produk yang merupakan titik balik RIM dalam mengembangkan bisnis perangkat e-mail nirkabel adalah pager yang diberi nama Inter@ctive Pager. Produk ini dikenalkan pada tahun 1996 di PCS TradeShow. Saat diluncurkan ke publik di tahun 1997, Inter@ctive pager yang dijual seharga US$ 675 menjadi produk yang sangat dikenal dan digemari. Pada tahun 1998 RIM mendapat banyak kontrak untuk membuat Inter@ctive pager bagi banyak perusahaan besar seperti Panasonic Corp, Mobile Integrated Technologies, dan Telxon Corp. Akhir tahun 1998, RIM memperkenalkan versi upgrade dari Inter@ctive pager yang lebih hebat,kecil,murah dan punya daya tahan lebih lama.

Inter@ctive Pager
Setelah dua produk Inter@ctive pager sukses di pasaran, akhirnya RIM memutuskan untuk fokus di perangkat e-mail korporat dengan mengenalkan produk barunya yaitu BlackBerry pada tahun 1999. Sejak saat itu BlackBerry terus berkembang baik dari sisi perangkatnya yang makin canggih, solusi layanan e-mailnya, serta perusahaan software dan hardware yang mendukungnya. Pada tahun 2001 akhirnya BlackBerry bisa digunakan sebagai telepon selular dan memiliki kemampuan suara, lalu satu tahun kemudian BlackBerry memiliki kemampuan handsfree. RIM menjual BlackBerry kepada klien korporasi dan sering membuat paket khusus untuk software dan server.

Periode 2001-2004
Di periode ini perangkat BlackBerry mulai diberi fasilitas telepon sellular menggunakan teknologi GSM (2G), begitu juga dengan akses datanya. Selain teknologi, desain BlackBerry pun telah terwujud layaknya smartphone lengkap dengan keyboard QWERTY. So, RIM mulai mengenalkan BlackBerry sebagai perangkat ponsel pintar bukan lagi pager dua arah.

Sejarah lain yang tercipta di periode ini adalah mulai ditanamkannya BlackBerry OS. Memiliki user interface dengan susunan menu khas BlackBerry yang sampai sekarang masih jadi patokan. Seri 'Quark' merupakan merupakan jajaran ponsel Blackberry yang sangat populer pada masa itu. Produk dalam seri 'Quark' seperti 6230 telah dilengkapi dengan teknologi Java sebagai pendukung platform web browser-nya. Selain itu, di periode ini pula RIM merilis untuk pertama kalinya ponsel BlackBerry CDMA (6750) dengan menggandeng Verizon sebagai operatornya.namun layarnya masih monokrom.
BlackBerry Quark 6230
Salah satu produk yang legendaris dalam periode ini adalah 7270, yang dilengkapi dengan teknologi WiFi dan akses data melalui jaringan WLAN terbatas yang bisa digunakan untuk menjalankan fitur VoIP. RIM mencoba menawarkan pilihan kepada konsumen dengan menggandeng penyedia layanan seluler. Di Amerika mereka menggandeng iDen untuk menghadirkan fasilitas sensasional di ponsel BlackBerry yaitu 7510 dan 7520 seperti GPS, komunikasi dua arah (walky talky) dan Bluetooth.

Blackberry 7510
Periode 2004-2006
Dan yang terbaru lagi adalah SureType yang mereka kenalkan ke pasar, yaitu dengan konsep satu tombol yang meuat dua huruf dan didukung dengan fitur text predictive input seperti T9 yang sekarang kita kenal. Alasan penerapan SureType ini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna yang kurang suka dengan keyboard QWERTY konvensional. karena penerapan keyboard ini pula, maka ponsel-ponsel Blackberry seperti 7100v dan 7130e, memiliki desain yang ramping

Blackberry 7130e

Periode 2006 sampai sekarang
Fitur-fitur baru terus ditanamkan pada perangkat Blackberry, seperti layar warna yang lebih baik, kamera, slot kartu memori, dan aplikasi chatting. Pengenalan TrackBall sebagai pengganti TrackWheel merupakan perangkat pengakses menu di ponsel BlackBerry. Konsep TrackBall dipuji banyak kalangan karena aksesnya yang lebih nyaman dan cepat. Seri 8100 merupakan produk pertama yang menggunakan TrackBall. RIM mengklasifikasikan produknya ke seri tertentu untuk memudahkan pengguna membedakan keunggulan masing-masing.

Sampai sekarang pengguna BlackBerry telah mencapai lebih dari 14 juta orang diseluruh duni dan kini posisi CEO yang semula dtempati duet Lazaridis-Balsillie telah digantikan oleh Thorsten Heinz mantan co-COO (Chief Operating Officer) RIM.

Sumber : http://memobee.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar