Rabu, 10 November 2010

MENGENAL SI PUTRI AIR “TERATAI”
Teratai merupakan tumbuhan air yang berasal dari daratan asia. Teratai bias tumbuh di Rawa, Danau, sunga maupun kolam – kolam buatan. Teratai memiliki banyak lapisan kelopak yang akan mekar selama 3-4 hari. Tangkai daun teratai cenderung menjalar, daunnya terlihat mengapungdipermukaan air tetapi bungannya yang bertangkai tegak hingga tak bersentuhan dengan air. Keunikan dari teratai adalah dalam satu tanaman tak ada bunga yang mekar secara bersamaan. Untuk mengenal teratai lebih dalam kita harus mengetahu jenis – jenis teratai yaitu :
1. Teratai Putih Jawa
Sesuai dengan namanya teratai ini berasal dari jawa dengan nama latinnya Nymphaea pubescens. Teratai putih jawa memiliki bentuk bunga yang menyerupai bintang, berukuran sekitar 15-25cm dengan benang sari berwarna kuning dan mahkota maupun kelopak bunganya berwarna putih. Daun teratai putih berwarna hijau pada permukaan atasnya sedangkan untuk permukaan bawahnya berwarna hijau keunguan.
2. Teratai Biru
Teratai ini berasal dari Kalimantan dengan nama latinnya Nymphaea stellata. Kebanyakan orang menyebut teratai biru dengan sebutan seroja biru. Teratai ini memiliki bunga yang berwarna biru, kecil – kecil dan berbentuk bintang. Daunnya berwarna hijau berbentuk oval dan bergelombang pada tepinya. Keunikan dari teratai biru adalah bunganya akan mekar pada siang sampai sore hari.
3. Teratai Putih Hutan
Teratai ini nama lainnya adalah tanjung putih yang memiliki nama latin Nymphaea nouchali. Keunikian teratai ini adalah bunganya mekar pada saat malam hari dengan Mahkota bunganya berwarna putih, sedangkan kelopak dan benang sari berwarna kuning. Sama halnya dengan jenis teratai lainnya, teratai ini juga memiliki bentuk bunga bintang yang berukuran 15-25cm. Tepi daun bergerigi dan helaian daunnya terdapat banyak bulu.
4. Teratai Silangan
Silangan teratai dilakukan agar menghasilkan warna – warna yang lebih beragam seiring dengan selera pasar. Dari persilangan ini menghasilkan warna – warna yang menakjubkan. Misalnya ellisiana, yang tampil dengan gradasi merah muda keunguan, dengan benang sari berwarna orange. Cromatella, dengan bentuk bunga mirip mangkukdan berwarna kuning. Selain ellisaiana dan cromatella, Mrs. Ward juga merupakan teratai hasil persilangan yang mempunyai bunga berwarna pink kemerahan berbentuk bintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar